Artikel Kesehatan

10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat Berpuasa

10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat Berpuasa

10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat BerpuasaBanyak orang merasa lelah pada saat berpuasa. Kekurangan energi dapat mempengaruhi aktivitas harian Anda dan membuat Anda kurang produktif. Faktanya bahwa ada beberapa jenis dan kuantitas makanan yang Anda makan memainkan peran penting dalam menentukan tingkat energi Anda di siang hari.

Meskipun semua makanan memberi Anda energi, beberapa makanan mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan menjaga kewaspadaan Anda dan fokus sepanjang hari.

Berikut ini daftar 10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat Berpuasa

1. Beras Merah

Beras merah adalah makanan yang sangat bergizi. Tidak seperti beras putih , itu kurang diproses dan mempertahankan nilai gizi lebih dalam bentuk serat, vitamin dan mineral.

Satu cangkir (195 gram) beras merah yang dimasak mengandung 3,5 gram serat dan menyediakan sekitar 88% RDI untuk mangan, mineral yang membantu enzim Anda memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi.

Selain itu, berkat kandungan seratnya, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, dapat membantu mengatur kadar gula darah dan membantu Anda mempertahankan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

2. Telur

Telur bukan hanya makanan yang sangat memuaskan, tetapi mereka juga dapat memberikan energi untuk mengisi hari berpuasa Anda. Telur dikemas dengan protein, yang dapat memberi Anda sumber energi yang stabil dan berkelanjutan karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin ketika dicerna.

Selain itu, leusin adalah asam amino yang paling melimpah dalam telur, dan dikenal untuk merangsang produksi energi dalam beberapa cara. Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, menstimulasi produksi energi dalam sel dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Apalagi, telur kaya akan vitamin B. Vitamin ini membantu enzim melakukan perannya dalam proses memecah makanan untuk energi.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik, menjadikannya makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

Satu porsi salmon atau tuna memberi Anda jumlah harian asam lemak omega-3 yang direkomendasikan dan vitamin. Asam lemak Omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab umum kelelahan. Bahkan, beberapa penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat menurunkan kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang sembuh dari kanker.

Selanjutnya, vitamin B12 bekerja sama dengan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu kerja besi lebih baik di dalam tubuh. Tingkat optimal dari sel darah merah dan zat besi dalam darah dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah sereal gandum utuh yang dapat memberi Anda energi jangka panjang. Ini mengandung beta-glucan, serat larut yang membentuk gel tebal ketika dikombinasikan dengan air. Kehadiran gel ini dalam sistem pencernaan menunda pengosongan perut dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

Selanjutnya, oat kaya akan vitamin dan mineral yang membantu proses produksi energi. Ini termasuk vitamin B, zat besi dan mangan. Kombinasi semua nutrisi ini menjadikan oatmeal sebagai makanan yang sempurna untuk pelepasan energi berkelanjutan.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang berdaun, seperti bayam dan kale, adalah sumber nutrisi yang sangat baik yang mempromosikan energi. Mereka kaya zat besi, kalsium, magnesium, kalium dan vitamin A, C, E dan K. Selain itu, mereka dikemas dengan asam folat, serat dan antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan.

Kelelahan adalah salah satu gejala defisiensi besi yang paling umum. Sayuran hijau yang berdaun seperti bayam dan kale adalah sumber zat besi yang sangat baik untuk mengisi kembali persediaan tubuh Anda, dan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah merah untuk pengiriman oksigen yang efisien ke sel-sel Anda, yang dikenal untuk melawan kelelahan. Selanjutnya, sayuran hijau yang berdaun juga dapat meningkatkan pembentukan oksida nitrat, yang membantu pembuluh darah melebar untuk aliran darah yang lebih baik melalui tubuh.

7. Pisang

Pisang bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk energi. Mereka adalah sumber karbohidrat, potasium, dan vitamin B6 yang sangat baik, yang semuanya dapat membantu meningkatkan tingkat energi dalam tubuh Anda.

Satu studi menunjukkan bahwa makan pisang sebelum uji coba bersepeda 75 km sama efisiennya dengan minuman karbohidrat untuk meningkatkan kinerja atlet ketahanan.

8. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai makanan super karena semua manfaat kesehatannya yang signifikan. Misalnya, mereka kaya lemak dan serat yang sehat. Sekitar 84% dari lemak sehat dalam alpukat berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Lemak sehat ini telah ditunjukkan untuk meningkatkan kadar lemak darah yang optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Mereka juga dapat disimpan di dalam tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Selain itu, serat dalam alpukat menyumbang 80% dari kandungan karbohidrat mereka, yang dapat membantu mempertahankan tingkat energi yang stabil.

Selanjutnya, alpukat adalah sumber vitamin B yang baik, yang diperlukan untuk fungsi optimal mitokondria dalam sel-sel Anda, di mana energi seluler diproduksi.

9. Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia, dan merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Apel berukuran sedang (185 gram) mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, 19 gram gula dan hingga 4 gram serat. Karena kandungan kaya gula alami dan seratnya, apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan.

Selanjutnya, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mereka melepaskan energi selama periode waktu yang lebih lama.

Terakhir, dianjurkan untuk makan apel utuh. Jus dan purees, dari mana serat dihapus, dicerna lebih cepat dan hanya dapat memberi Anda energi yang cepat dicerna.

10. Air

Air sangat penting untuk kehidupan. Ini mewakili hingga 60% dari berat badan Anda dan terlibat dalam banyak fungsi seluler, termasuk produksi energi. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperlambat fungsi tubuh, membuat Anda merasa lesu dan lelah.

Minum air bisa memberi Anda dorongan energi dan membantu melawan perasaan lelah. Anda bisa menghindari dehidrasi dengan meminum air meski Anda tidak haus. Cobalah minum air secara teratur sepanjang hari.

Itulah 10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat Berpuasa yang bisa Anda konsumsi saat sahur. Semoga bermanfaat !!!

Baca juga :

Sumber : https://www.healthline.com/nutrition/energy-boosting-foods#section8

10 Makanan Yang Banyak Memberi Energi Saat Berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *